Menu

Senin, 31 Oktober 2011

Sholat Bagi Yang Sakit

Sholat adalah salah satu perkara yang tidak boleh ditinggalkan, karena sholat adalah bentuk pengabdian atau penyembahan kepada Sang Khalik. Sholat kita tidak boleh melalui perantara siapapun dan dengan apapun. Jadi sholat kita langsung tertuju kepada Allah Yang Maha Esa, yang telah member kehidupan kepada alam semesta.
Walau dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun sholat tidak boleh tidak dilaksanakan, jadi harus dilaksanakan walaupun dalam keadaan sakit sekalipun. Maka dari itu ada tata cara sholat bagi yang sakit dan cara bersucinya.
Sholat bagi yangsakit memiliki aturan tersendiri. Untuk setiap Muslim, sholat adalah wajib selama akal dan ingatannya masih berfungsi dengan baik (normal), namun berbeda aturannya dengan sholat yang dilakukan ketika sehat.
Allah SWT memberikan keringanan bagi si sakit dalam melaksanakan sholat, yaitu;

A. Jika tidak dapat sholat sambil berdiri, boleh mengerjakan sambil duduk.
Caranya:
1. Cara mengerjakan rukuknya ialah dengan duduk membungkuk sedikit.
2. Sujudnya seperti sujud biasa, hanya saja dilakukan sambil duduk.

B. Jika tidak dapat duduk, boleh mengerjakannya dengan cara dua belah kakinya diarahkan keatah kiblat, kepalanya ditinggikan dengan alas bantal dan mukanya diarahkan ke kiblat.
1. Cara rukuknya ialah dengan menggerakkan kepala ke muka.
2. Sujudnya menggerakkan kepala lebih ke muka dan lebih ditundukkan.

C. Jika duduk seperti biasa dan berbaring pun tidak dapat, maka boleh berbaring dengan seluruh anggota badan dihadapkan ke kiblat. Rukuk dan sujudnya cukup menggerakkan kepala, menurut kemampuannya.

D. Jika tidak dapat mengerjakan dengan cara berbaring, maka cukup dengan isyarat, baik dengan kepala maupun dengan mata. Dan jika semuanya tidak mungkin, maka boleh dikerjakan dalam hati selama akal dan jiwanya masih ada.
Dengan demikian, tidak ada alasan apapun untuk kita bisa meninggalkan sholat walau pun hanya satu waktu. Dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun sholat masih akan menjadi kewajiban kita selama kita masih menghirup udara di dunia. Subhannallah, Allah SWT telah memberikan begitu banyak keringanan bagi hamba-Nya yang terkena musibah. Akankah kita masih meninggalkan sholat kita demi apapun?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu




ShoutMix chat widget

Widget by Catatan Mathin (Blog game)