Menu

Minggu, 30 Oktober 2011

Waktu Yang Mustajab Untuk Berdo’a


Berdo’a adalah sebuah permintaan kepada Allah SWT untuk sesuatu yang kita inginkan atau pun dibutuhkan. Dan waktu-waktu untuk berdo’a itu memang kapan pun, tetapi waktu yang mustajab untuk berdo’a antaradhiyallahu ‘alaihi wa sallam lain:
1. Antaradhiyallahu ‘alaihi wa sallam adzan dan iqamah. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘alaihi wa sallam, Nabi SAW bersabda, “Do’a tidak mungkin tertolak adalah ketika antaradhiyallahu ‘alaihi wa sallam adzan dan iqamah.” (HR At Tirmidzi, hadits hasan shahih)


 

Macam-Macam Do’a

1. Do’a ibadah. Yang dimaksud disini adalah pujian kepada Allah SWT dan berzikir kepada-Nya. Jadi semua do’a adalah ibadah karena mencangkup dua hal diatas.

2. Do’a masalah. Sedangkang do’a masalah ini adalah do’a yang dipanjatkan kepada Allah SWT pada saat kita menghadapi suatu masalah. Karena manusia itu tidak ada yang tidak luput dari masalah. Allah berfirman;







Artinya: “Tunjukilah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan-jalan orang yang Engkau beri nikmat.” (QS Al Fatihah [1] : 6-7)

Dalam ayat diatas semuanya terkandung permintaan dan do’a. oleh karena itu, dianjurkan membaca amin pada saat selesai membaca Surah Al Fatihah. Amin, yang mempunyai makna; “Yaa Allah, semoga Engkau kabulkan”. Pada sholat juga membaca Surah Al Fatihah pada rakaat pertama dan kedua, ini juga sudah bisa dikatakan berdo’a. Dan sesungguhnya orang-orang yang membaca amin, ia telah ikut dalam berdo’a dan Surah Al Fatihah itu semua mencangkup do’a, baik do’a ibadah maupun do’a masalah. (Ba’du Fawa’id Surah Al Fatihah, Syaikh Shalih Al Fauzan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu




ShoutMix chat widget

Widget by Catatan Mathin (Blog game)